Capaian Pembelajaran


SIKAP

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan berma syarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik ;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

KETRAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik , di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan;
  2.  Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni,
  4. Mampu menyusun hasil kajian tersebut dalam bentuk kertas kerja, sepesifikasi desain,atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain , dan persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaan nya;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

KETRAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa ke dalam proses fabrikasi sesuai standar untuk menyelesaikan masalah desain, fabrikasi dan inspeksi produk pengelasan
  2.  Mampu mengidentifikasi sumber masalah pada produk pengelasan mengacu pada referensi/standar/codes yang relevan dan mengusulkan alternative solusi dengan memperhatikan faktor – faktor ekonomi, keselamatan dan kesehatan serta lingkungan (environmental consideration) serta meniadakan kesalahan yang berulang.
  3. Mampu mendesain prosedur pengelasan (WPS) dalam mewujudkan produk pengelasan (antara lain boiler, bejana tekan, tangki, kapal dan bangunan apung, konstruksi tubular – non tubular dan sistem perpipaan) yang memenuhi code dan standar industri (misal: ASTM, ASME, AWS, API).
  4. Mampu memilih sumber daya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis komputasi (metode elemen hingga) pada produk pengelasan yang mengacu standar industri
  5. Mampu melakukan kualifikasi welding procedure untuk diterapkan pada praktek pengelasan melalui pengukuran, pemeriksaan cacat dan pengujian kekuatan hasil pengelasan sesuai dengan standar yang berlaku.
  6. Mampu mempersiapkan , melakukan dan melaporkan pengujian NDT sesuai dengan standar yang berlaku.
  7. Mampu menggunakan teknologi modern (otomatisasi proses pengelasan) dalam melaksanakan pekerjaan fabrikasi produk pengelasan.

PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa; konsep teoritis proses dan teknologi pengelasan logam (ferro dan non-ferro) dan inspeksinya dengan metode destructive test – non destructive test.
  2. Menguasai teknik desain dan fabrikasi sambungan pengelasan pada produk boiler, bejana tekan, tangki, kapal dan bangunan apung, konstruksi tubular – non tubular dan sistem perpipaan.
  3. Menguasai konsep teoritis karakteristik material (logam ferro dan non ferro) serta perubahan metalurgi dan sifat mekanik yang terjadi akibat pemanasan dan pendinginan.
  4. Menguasai pengetahuan tentang codes dan standard (misal: ASME, AWS, API, ASTM) yang berlaku untuk proses perancangan, fabrikasi, konstruksi dan inspeksi pengelasan
  5. Menguasai prinsip dan issue terkini bidang ekonomi, social, ekologi secara umum.
  6. Menguasai pengetahuan tentang teknik berkomunikasi secara efektif tahapan proses desain, fabrikasi dan inspeksi produk pengelasan.
  7. Menguasai pengetahuan tentang perkembangan terbaru dan terkini di bidang teknologi pengelasan dan metode inspeksi.
  8. Menguasai pengetahuan prosedural dan standar kerja (SOP) di bengkel/area kerja, laboratorium, serta penerapan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam proses fabrikasi pengelasan.
  9. Menguasai pengetahuan dalam mengelola aktivitas pengelasan dengan spesifikasi, jumlah dan variasi yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *